Kelas Minggu Padangan

Beberapa bulan yang lalu kami kebetulan diundang untuk datang ke Desa Padangan pupuan di akhir pekan untuk mencoba fasilitas baru di Villa Kebun Kita yaitu fasilitas Jungle Camp, menginap semalam di tengah hutan didalam tenda yang sudah disiapkan sedemikian rupa.

Selain itu, di hari minggunya kami diminta untuk mengisi Kelas Minggu yang diadakan dirumah kepala desa setempat. Mengetahui ada kegiatan kelas minggu seperti ini, saya langsung mengiakan untuk datang. Semangat adik – adik kelas minggu dan konsistensi bapak kepala desa dan istri untuk mengadakan kegiatan ini membuat saya menjadi merinding. Teringat kembali dengan Kelas Beranda yang dulu pernah digagas oleh Gus Tulang, kelas minggu juga dilakukan diberanda rumah bapak kelapa desa padangan.

Saya datang bersama Jaya Ratha, Widayanti Arioka, Shanti Utami dan Agung Putradhyana untuk sekedar mengisi kelas minggu ini. Belakangan saya baru tahu juga kalau pak Made Adnyana juga sempat mengisi kelas minggu disana. Bapak Made Aryana sebagai pemilik penginapan Kebun Kita memang kerap mengajak beberapa volunteer untuk datang ke kelas minggu bekerjasama dengan kepala desa setempat untuk memberikan wawasan baru kepada adik – adik disana mengenai berbagai hal.

Saat itu kami datang kesana hanya bermodalkan gitar, dan beberapa alat tenaga surya. Untuk melatih response otak setiap orang, kami bermain tebak – tebakan dengan nyanyian. Menjadi menarik pada saat kami memainkan “Lampu Siul” begitu saya menyebutnya. Dimana lampu ini akan berkedip dengan warna yang bervariasi saat ada getaran suara. Tentu saja lampu ini menggunakan tenaga surya / matahari.

Hal yang sama juga pernah saya lihat di Banjar Pagi, Senganan. Dimana gerakan untuk menghidupkan presiki banjar pagi ini dilakukan oleh teman kita Dek Enjoy. Mungkin masih banyak lagi hal serupa terjadi di Tabanan secara swadaya dan belum kita ketahui. Namun demikian, semoga gerakan – gerakan seperti tetap tumbuh diseluruh pelosok desa, untuk membentuk mental generasi pemuda Tabanan yang memiliki wawasan dan kualitas yang baik.

Adakah teman – teman yang mau menjadi volunteer di Padangan?

2 Comments

    • wahya

      Thanks Frans sudah mampir. Disana saat ini butuh banyak volunteer untuk sekolah minggunya. Kalau mau jadi volunteer, info aja nanti saya sambungkan ke teman saya :), plus dapat menginap semalam gratis šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.